Friday 6 December 2013

Kenapa Pilih Marketing..???

Suatu waktu, saya berbincang-bincang dengan teman kerja saya dan juga sebagai senior saya saat kuliah. Dalam kesempatan itu kita berbincang-bincang tentang topik masa depan. Teman saya atau senior kuliah saya ini bercerita kalo dia sudah mendaftar kuliah melanjutkan profesinya, yaitu Apoteker. Tetapi karena bentrok dengan pekerjaannya, dia menunda kuliahnya. Tapi ada hal yang saya garis bawahi dari perbincangan saat itu. Temen saya ini bilang kalo dia gak jadi ngambil Apoteker, dia akan lebih memilih lanjut studi S2. Tapi yang membuat saya heran, dia mengatakan akan mengambil S2 bidang Marketing. Saya kemudian berfikir, apa hubungannya S1 Farmasi ko tiba-tiba malah mau mengambil S2 Marketing..?? Bagi saya ini hal yang cukup aneh dan penasaran tentunya. Memang bisa saja dari S1 Farmasi terus melanjutkan S2 Marketing.. Tapi gak nyambung gitu  loh. Ada apa dengan marketing ini?? 

Dan akhirnya, pertanyaan itu akhirnya terjawab juga. Baru sekarang saya memahami maksud dari teman saya itu. Setelah saya ketemu beberapa orang dan pengalaman pribadi saya, bahwa marketing itu adalah merupakan jalur yang cukup menjanjikan. Karena rasa penasaran yang ada dipikiran saya itu, saya jadi suka mencari tahu tentang bidang marketing ini. Banyak kisah inspiratif dari pengusaha-pengusaha Indonesia ternyata berawal dari marketing, atau mungkin secara khusus kita bisa sebut sebagai sales. Contoh kecilnya seperti sang inspiratif Yulius Susanto yang memilih profesi orang sales dengan sadar diri sekalipun mengalami kelumpuhan sejak kecil, atau juga Bob Sadino yang nyeleneh yang dipikir sebagai orang yang bejo, dan pengusaha-pengusaha lain yang dimulai dari berjualan atau bergerak di marketing. 

Rasulullah pun bekerja sebagai salah satu kegiatan marketing, yaitu berdagang. Sungguh pekerjaan dibidang marketing sangat mulia dan banyak manfaat didalamnya. Sehingga saya sangat tertarik sekali terjun di dunia marketing ini. Kenapa saya tertarik dalam dunia marketing?? Disini saya sebagai orang yang baru dan masih awam dalam dunia marketing dapat menjawab pertanyaan itu sebagai berikut.
  1. Ingin menjadi pengusaha sukses dikemudian hari.
  2. Menjadi enterpreneur sejati.
  3. Penghasilan yang diperoleh tidak terbatas, tergantung usaha keras kita.
  4. Jenjang karier yang jelas dan cukup menjanjikan.
  5. Sebagai ujung tombak suatu perusahaan dalam pencitraan dan karakter suatu perusahaan.
  6. Membangun jaringan kerja (networking) yang luas.
  7. Banyak ilmu yang diperoleh.
  8. Melatih kesabaran.
  9. Menambah  teman dan kenalan.
  10. Belajar mengatur strategi mencapai suatu target.
  11. Belajar memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien.
  12. Melatih mental dan kedisiplinan.
  13. Suatu pekerjaan yang di ajarkan Rasulullah dan pekerjaan yang paling baik.
Nah itu alasan kenapa saya pilih terjun dalam dunia marketing. Memang banyak orang yang menganggap profesi marketing itu adalah profesi rendahan,. Jelas itu salah besar. Itu sama saja merendahkan Rasul yang dulu juga berprofesi sebagai pedagang atau marketing, atau juga sales. Saya pun bisa kuliah sampai lulus Sarjana karena orang tua saya bekerja sebagai pedagang atau marketing dalam artian luas. Sekarang saya bisa membalikkan pertanyaan dari "Kenapa pilih marketing??" menjadi "Kenapa tidak dari dulu di marketing??"


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment