Friday 4 October 2013

Uji Kadar Protein dengan Metode Bradford

Uji Bradford adalah suatu uji untuk mengukur konsentrasi atau kadar protein total dengan metode kolorimetri dalam suatu larutan. Prinsip pengukuran kadar protein menggunakan metode Bradford adalah pengikatan pewarna Commassie Brilliant Blue G-250 yang terdapat dalam pereaksi Bradford dengan protein yang mengandung residu asam amino dengan rantai samping aromatik (Tirosin, Triptofan dan Fenilalanin) atau bersifat basa (Arginin, Histidin, dan Leusin) membentuk komplek berwarna biru yang dapat diukur absorbansinya.
Kompleks warna biru pada larutan yang diberi reagen Bradford sangat cepat terbentuk dan bersifat stabil. Kestabilan warna biru Commassie Brilliant Blue G-250 ini karena adanya inteaksi antara lapisan hidrofobik dari protein dengan bentuk anion dari zat warna Coomassie Brilliant Blue G-250 yang menstabilkan bentuk anion tersebut (Bradford 1976).
Pengukuran absorbansi dapat digunakan alat spektrofotometer UV – Vis, yaitu alat yang digunakan untuk analisis kuantitatif farmasi yang memiliki prinsip radiasi pada rentang panjang gelombang 200 – 700 nm yang dilewatkan melalui suatu larutan senyawa. Elektron-elektron pada ikatan di dalam molekul menjadi tereksitasi sehingga menempati keadaan kuantum yang lebih tinggi dan dalam proses penyerapan sejumlah energi yang melewati larutan tersebut.

Keuntungan dari metode ini adalah pereaksi yang digunakan sangat sederhana dan mudah disiapkan, nilai akurasi dan presisi data yang didapatkan cukup tinggi serta untuk menjamin keakuratan data sampel yang berada di luar jangkauan dapat dilakukan uji ulang yang hanya membutuhkan beberapa menit saja. Hal itu membuat keefektifan kerja sangat cepat (Watson 2009).
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment