Wednesday 16 October 2013

Dasar Kerja Enzim

Pada umumnya terdapat 2 mekanisme kerja enzim mempengaruhi reaksi katalisis. Mekanisme tersebut adalah:
  1. Enzim meningkatkan kemungkinan molekul-molekul yang bereaksi saling bertemu dengan permukaan yang saling berorientasi. Hal ini terjadi sebab enzim mempunyai suatu afinitas yang sangat tinggi terhadap substrat dan mempunyai kemampuan mengikatnya walaupun bersifat sementara. Penyatuan antara sustrat dengan enzim tidak seenaknya, melainkan substrat terikat dengan enzim sedemikian rupa, sehingga setiap substrat terorientasi secara tepat untuk menjadi reaksi.
  2. Pembentukan ikatan yang sementara (biasanya ikatan nonkovalen) antara substrat dengan enzim menimbulkan penyebaran elektron dalam molekul substrat dan penyebaran ini menyebabkan suatu regangan pada ikatan kovalen spesifik dalam molekul substrat, sehingga ikatan kovalen tersebut menjadi mudah terpecah. Para ahli biokimia menamakan keadaan di mana terjadi regangan ikatan molekul substrat setelah berinteraksi dengan enzim, disebut pengaktifan substrat.
Dapat disimpulkan bahwa enzim mempercepat laju reaksi agar keseimbangan reaksi (equilibirium) tercapai, tetapi tidak mempengaruhi konstanta keseimbangan.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment