Thursday 10 October 2013

Suka - Suka Ngeblog

Ngeblog adalah kegiatan menulis secara sukarela yang biasanya dipublikasikan untuk khalayak umum. Aktivitas ngeblog ini sebenarnya bukan hal yang asing lagi bagi kita. Pernahkah Anda menulis status atau kata-kata dalam jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter? Atau mungkin lebih jadul lagi, pernahkan Anda merasakan masa dimana SD atau SMP dulu kita suka nulis biodata dan kata-kata mutiara atau kesan-kesan dan sebagainya di buku diary temen kita? Silahkan Anda ingat-ingat lagi masa-masa itu.

Pada dasarnya menulis kata-kata, entah itu namanya status, quote, ataupun kata-kata puisi, atau cerita di buku pribadi (diary) adalah kegiatan menulis yang tidak ada bedanya dengan ngeblog atau menulis di blog. Yang membedakan hanyalah tempat dan teknologi saja. Kalo di FB atau di Twitter kita dibatasi penulisan katanya, tapi kalo di blog tanpa batas, semau Anda layaknya seperti buku diary. Kalo buku diary hanya kita saja yang tau, tapi kalo blog semua orang bisa membacanya,, Tulisan di blog bersifat umum dan tanpa ada rahasia.

Isi dari blog tidak terbatas. Terserah kita sebagai admin atau pemilik mau diisi apa blog kita. Entah itu cerita pribadi, pengalaman sehari-hari, iklan, jualan, renungan, kata-kata mutiara atau kata-kata penyemangat. Blog juga bisa dijadikan sebagai alat pengenal, pemberi informasi, alat berbagi, ataupun digunakan sebagai hal yang bersifat komersial. Intinya, isi blog kita mau itu berbobot kah, mau itu tidak berbobotkah, penting tidak penting itu terserah kita sebagai pemilik blog.. Yang penting kita bisa mempertanggung jawabkan isi dari blog kita. 

Jadi, menurut saya ngeblog itu bukan hal yang norak apalagi basi.. Subjektif penilaian terhadap sesuatu sesuai dengan pribadi masing-masing. Jelas gak jelas, atau penting gak penting dari isi blog, pasti sedikitnya bermanfaat bagi penulisnya sendiri. Percaya atau tidak, kita buktikan nanti...??!!

Ricki Subagja 
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment