Monday 14 October 2013

Fakta Tugas Akhir Skripsi

Bagi anak-anak kuliahan, semester delapan adalah semester yang ditunggu-tunggu dan juga semester yang cukup menakutkan untuk dijalani.. Bagaimana tidak, semua rasa akan bercampur aduk pada semester akhir atau semester delapan ini. Kegalauan, kegelisahan, gundah gulana, dilematis, kebingungan, ketakutan dan apapun itu namanya selalu membayangi pikiran para mahasiswa tua ini..

Semester delapan secara umum mahasiswa biasanya sedang menjalani riset atau penelitian untuk tugas akhirnya, tugas yang begitu berat bagi mahasiswa untuk mendapatkan predikat lulus dan mendapat gelar sarjana muda. Inilah moment yang begitu penting bagi mahasiswa, terutama S1.. Skripsi adalah kata yang sangat bangga untuk dikatakan jika ada yang bertanya kita lagi sibuk apa.. Tapi kata skripsi juga akan merupakan kata yang sangat menakutkan jika kita bayangkan dan kita ingat-ingat.

Ngomong-ngomong tentang tugas akhir skripsi, saya punya pengalaman menarik gan.. Mungkin ini bisa jadi pelajaran dan jadi tips buat temen-temen yang mau memulai untuk melakukan penelitian atau skripsi. Fakta-fakta yang saya temui saat saya menjalankan penelitian, umumnya sama apa yang dialami temen-temen saya yang lain juga.. Inilah beberapa faktanya :
  1. Menyerah sebelum berjuang,, Itu yang sering dialami oleh mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. Ngajuin judul penelitian tapi bingung mau mulai dari mana, bingung nyari bahan referensi dari mana. 
  2. Malu-malu dan takut.. Mau ngadep dosen buat ngajuin judul atau mau konsultasi tentang penelitian tapi malu-malu, bahkan takut sama dosennya.. 
  3. Tau jadwal sebagian dosen.. Mau gak mau kita akan dipaksa buat ngapalin jadwal dosen-dosen yang bersangkutan dengan penelitian kita. Bolak-balik ke Tata Usaha cuma buat liat jadwal dosen hari itu ada atau tidak.
  4. Mondar-mandir gak jelas.. Ini adalah faktanya tentang anak penelitian. Modar-mandir sibuk bawa-bawa map atau kertas dan yang lainnya tapi giliran ditanya sama temen, bingung mau ngapain. 
  5. Nongkrong didepan ruang dosen.. Biasanya nongkrong dikantin, atau diperpustakaan (kalo yang rajin), giliran mau skripsi kita dipaksa buat nongkrong didepan ruang dosen, hanya ingin ketemu salah satu dosen buat hal yang berhubungan dengan penelitian.
  6. Minta tanda tangan dosen.. Kalo dulu kita pas masuk jadi murid baru SMA, kita suka dikasih buku untuk minta tanda tangan ke setiap kakak-kakak kelas kita. Biasanya yang ngadain acara kaya begituan adalah OSIS dalam rangka orientasi siswa baru. Nah,, pas penelitian pun kejadian seperti itu bisa dialami.. Tapi tanda tangannya dari dosen yang bersangkutan dengan penelitian.
  7. Banyak nanya.. penyakit anak semester atas biasanya datang tiba-tiba suka banyak tanya.. Rasa ingin tau tiba-tiba muncul dan bener-bener pengen tau. Nanyanya biasanya sama kakak-kakak kelas atau temen yang udah atau lagi melakukan penelitian.
  8. Hobi jalan-jalan kekampus lain.. Kalo biasanya kita hobi jalan-jalan ketempat wisata, ini tiba-tiba jadi hobi jalan-jalan ke kampus-kampus universitas lain.. Tujuannya jelas buat nyari-nyari referensi penelitian.
  9. Nongkrong diperpustakaan.. Hal yang gak biasanya buat anak-anak semester atas yaitu biasanya gak pernah ke perpustakaan, tiba-tiba jadi doyan nongkrong di perpustakaan buat baca-baca referensi penelitian.
  10. Sering pulang malem.. Kalo udah ke tahap risetnya atau proses penelitiannya, biasanya anak-anak penelitian suka pulang malem..
  11. Jarang mandi sore.. Jelas pulangnya aja malem, gimana bisa mandi sore ya gak...?? Hehehehe
  12. Telat makan.. kalo lagi asik penelitian biasanya anak-anak semester atas suka ngulur-ngulur waktu makan, dan akhirnya telat makan..
  13. Ngesave kontak telepon baru.. Ini pasti semuanya ngalamin.. Ngesave kontak telepon nomor-nomor penting seperti nomor dosen-dosen yang bersangkutan dengan penelitian, asisten dosen, dan kontak temen-temen penelitian yang lain.
  14. Nambah temen.. Yang tadinya kita gak kenal sama anak-anak penelitian yang lain, kita jadi kenal sama yang lainnya.. Ketemu di laboratorium atau di kampus lain menambah daftar temen kita.
  15. Bingung nyari bahan penelitian.. Ini umum buat hampir semua anak-anak penelitian. Apalagi kalo harganya mahal dan barangnya susah.. Dijamin kita udah down duluan.. Apalagi kalo bahannya harus mesen yang datengnya lama berminggu-minggu atau berbulan-bulan..
  16. Pengen nangis kalo gagal terus trialnya.. Gimana gak pengen nangis kalo penelitian kita dianggap sebenarnya kaya gampang, tapi ternyata susah dan selalu gagal kalo di coba trial. Apalagi kalo disuruh ganti metode penelitiannya.. Nangis darah udah.. 
  17. Lupa semua mata pelajaran yang dulu-dulu.. Kata temen saya di FB (Amirullah), penelitian itu bikin lupa semua apa yang udah kita pelajari.. Ingetnya cuma teori tentang penelitian kita doang.. 
  18. Muka kucel,. Anak penelitian biasanya terlihat kucel dan seperti ada beban pikiran yang berat yang mereka pikirkan.. Itu kata temen saya (Mitsa Lutfia).. Memang benar adanya.. Saya merasakan hal yang sama.. 
  19. Besar pasak daripada tiang, kata Devita.. Mungkin maksud teman saya penelitian itu banyak mengeluarkan uang.. Apalagi yang penelitiannya menggunakan bahan-bahan yang lumayan langka.. Berapa banyak uang yang kita keluarkan untuk penelitian?? Ahh saya pikir cukup besar..
  20. Sering digantung dosen,. Maksud teman saya (Hilda) digantung artinya diberi harapan palsu.. Udah lama-lama kita nungguin dia dari pagi, eehh pas udah dateng dianya malah gak mau ditemui.. Giman coba perasaan kita, sedangkan kita lagi kejar target.. 
  21. Ngarep cepet sidang.. Devi temen saya menyatakan fakta anak penelitian kaya gitu.. Ngarep pengen cepet sidang kalo liat temen-temen udah pada selesai dan sidang.. 
  22. Berat badan turun.. Waahhh,, kalo yang ini saya menikmatinya.. hehehehe.. Temen-temen saya banyak yang mengatakan kalo badannya turun bisa sampe 5 - 7 kg (Yuni Mulya Sari dan Pritta Andriane).. Hebat kan?? ternyata diet yang baik adalah penelitian.. Hahahahaah
  23. Kurang tidur.. Rasanya penelitian itu selalu menghantui kita.. Kadang-kadang suka mimpi lagi penelitian.. Tidur pun jadi capek gak bisa nyenyak inget penelitian terus.. 
  24. Tidur di laboratorium.. Karena dirumah sering melek gak bisa tidur, di kampus atau di Lab jadinya suka tidur kalo kecapean,. 
  25. Makan ngirit.. Biasanya makan pun jadi ngirit.. Makan ketoprak lebih murah tapi kenyang diperut hahahaha.. Kalo gak, kaya temen saya Fajar Santoso kalo makan bawa tepak dari rumah.. Karena " Masakan mamah lebih enyyaaakkk"... WKWKWKWK
  26. Konflik sama temen.. Banyak anak-anak penelitian yang suka ada kesalahpahaman dan terjadi konflik antar sesama temen penelitian atau temen satu kelompok..  Bisa dari hal yang sepele, dari masalah dana, atau hal-hal lainnya yang gak perlu terjadi.. Dan pada akhirnya harus ada salah satu dari mereka yang kalah atau rugi sendiri.. Temen saya Juni Trianto pernah bilang sama saya sebelum saya maju seminar proposal begini," Boss, lu kalo nyari temen penelitian yang sama-sama ngerti sama keadaan kita.. jangan nyari yang enaknya aja.." Ucapan temen saya terbukti dengan banyak kejadian yang dialami temen-temn saya..
  27. Update status galau penelitian.. Nahh,, yang terakhir ini sedang saya lakuin.. Biasanya anak-anak penelitian suka update status yang isinya penelitian dan kegalauan didalamnya... Hahahahaha.. 
Banyak juga yah ternyata.. Hahahahahaha.. Pesen saya buat temen-temen yang mau memulai penelitian, sebaiknya pertimbangkan apa saja hal yang akan terjadi dan pikirkan matang-matang segala keputusan yang temen-temen ambil. Ambil pelajaran dari pengalaman tadi yang saya berikan.. Tugas temen-temen mencari solusi agar tidak terjadi pula sama temen-temen, untuk hal yang negatifnya.. Pengalaman  positifnya jadikan sebagai acuan bahwa semua anak penelitian akan merasakan hal seperti itu dan pasti akan terasa nikmat jika kita menyikapinya dengan baik pula..

Bagi temen-temen yang udah sidang, saya ucapkan selamat.. Mohon doanya khusus buat saya biar lancar sidangnya.. Terima kasih juga buat temen-temen penelitian, terutama anak-anak penelitian penghuni laboratorium mikrobiologi - patologi klinik, dan sekitarnya yang udah ngasih sumbangan fakta-fakta penelitiannya.. Kalo masih kurang ada yang tidak setuju silahkan temen-temen koment dan berikan saran yang baik..  

Ricki Subagja
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment