Tuesday 15 October 2013

Sarana Mencari Ilmu

Ada tiga sarana pokok dalam mencari ilmu sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur'an yaitu :
  1. As Sam'u (pendengaran), merupakan asas ilmu dan digunakan baik pada masa penurunan wahyu, penyampaiannya kepada para sahabat maupun kepada kita sekarang.
  2. Al Bashar (penglihatan), adalah asas ilmu yang sangat dibutuhkan untuk mengamati sesuatu dan mencobanya.
  3. Al Fuad (hati), yang ketiga ini adalah asas 'aqli yang harus dimiliki oleh setiap penuntut ilmu.
Allah berfirman dalam Al-Qur'an:
"Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun,  dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur." (QS. An Nahl :78)

Manusia dilahirkan dalam keadaan tidak mengetahui ilmu apapun. Ilmu yang diperolehnya hanya dengan belajar dan belajar menggunakan sarana yang telah dikaruniakan Allah kepadanya. Karunia ini berupa pendengaran, penglihatan, dan hati yang berfungsi sebagai jendela untuk melihat, mendengar dan merasakan alam sekitarnya. Maka barang siapa yang telah kehilangan ketiga sarana ini atau kehilangan mata dan pendengaranya, mereka tidak terkena beban untuk menuntut ilmu, termasuk juga beban-beban syari'at lainnya. 

Al-Qur'an juga memberikan nasihat dan menerangkan tentang pertanggung-jawaban ketiga komponen ini jika ketiganya tidak dipergunakan sebagaimana mestinya. Allah berfirman:
" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (QS. Al Isra : 36)
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment