Saturday 19 October 2013

Kesiapan Mental Memulai Bisnis

Faktor yang cenderung menjadi halangan bagi niat seseorang untuk memulai bisnis adalah kesiapan mental. Ya, memulai bisnis sendiri itu sulit. Mengembangkan sebuah bisnis sendiri tidak sama seperti membesarkan seorang anak. Ada banyak yang harus dipikirkan sebelum bisnis dimulai, sama halnya bila ingin memiliki seorang anak maka banyak hal yang harus dipersiapkan termasuk mental.

Beberapa pemikiran yang mungkin bisa menggambarkan kesiapan mental dalam memulai bisnis sampingan adalah sebagai berikut.
  1. Siapkah untuk gagal? Banyak bisnis yang mengalami kerugian besar pada tahun pertamanya. Intinya adalah jangan berharap sukses dalam sekejap. Kita harus membayangkan kegagalan, terus mencoba, dan berfikir realistis.
  2. Apakah kita akan tetap teguh dan konsisten? Kita tidak bisa begitu saja berubah pikiran dan berganti haluan di tengah jalan. Semua bisnis sukses menghabiskan banyak waktu mengalami kegagalan sebelum mereka meraih hasil yang bagus.
  3. Apakah bisa mengatasi stres? Memulai sebuah bisnis adalah satu hal yang bisa menyebabkan stres pada diri manusia. Stres akan lebih mudah dihadapi apabila kita mempunyai seseorang yang mendukung dan dapat dijadikan sandaran saat masalah menerpa. Partner yang baik akan memperkuat mental seseorang.
  4. Apakah kita termasuk orang yang tahan banting? Rahasia menuju sukses adalah bertahan. Jadilah orang yang berkata,"Say no to surrender". Selalu siap untuk kembali mencoba apapun kesulitan yang dihadapi.
  5. Siap bekerja keras. Sama seperti halnya ketika kita bekerja di kantor dari pagi sampai sore. Tentunya kita juga harus siap kerja lebih keras lagi dalam mengembangkan bisnis sampingan tanpa mengganggu waktu kerja di kantor.
  6. Kepuasan pelanggan adalah segalanya. Saat menjalankan bisnis, jangan sampai kita kehilangan pelanggan. Kita harus melayani mereka dengan baik dengan mencoba untuk memenuhi semua kebutuhannya.
  7. Apakah kita benar-benar menyukai bisnis ini? Jika tidak suka dengan yang kita kerjakan sekarang, cepat atau lambat kita akan berhenti melakukannya. Satu-satunya hal yang membuat kita maju dalam sebuah bisnis adalah dengan menyukai dan mencintai bisnis yang kita kerjakan.
Kunci untuk menjadi pebisnis sukses adalah tujuan, integritas, komunikasi, kemauan, dan keuletan. Setelah masa-masa sulit, barulah kita bisa berharap banyak meraih keuntungan maksimal. Hal seperti ini menjadi acuan dalam menjalankan bisnis. Bagaimana menurut Anda?? Sudah siapkah memulai bisnis sampingan?


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment