Monday 7 October 2013

Blog yang Layak Kunjung

Ada 4 kriteria utama blog yang layak dikunjungi menurut penulis buku Pro Blogger Medhy Aginta yaitu :

Pertama, newness,isi yang selalu baru. Kriteria ini seharusnya menjadi perhatian utama. Blog yang layak dikunjungi adalah blog yang selalu ter-update. Bukan blog yang isinya berbulan itu-itu aja.

Soal isi setiap orang punya penilaian berbeda. Isi blog yang bagus bisa subjektif. Tapi apalah artinya blog dengan tulisan bagus namun selama berbulan-bulan hanya berisi satu tulisan? Lebih berharga sebuah blog biasa-biasa, namun menawarkan sesuatu yang baru setiap hari. Entah catatan aktivitas sehari-hari, entah renungan, entah gerundelan, entah analisis canggih. Tidak peduli walau isinya hanya satu atau dua kalimat. Asal rutin. Jika ditukar, nilainya akan lebih tinggi.

Blog yang selalu ter-update membuktikan bahwa si penulis bertanggung jawab terhadap blog miliknya. Apa pun isinya, kumpulan posting yang ter-update  rutin akan menjadi catatan sejarah berharga bagi penulisnya. Ia bisa menelusuri kembali buah pikirannya pada suatu rentang masa.

Blog yang selalu ter-update juga membuat pembacanya merasa diperhatikan. Ia seperti mengajak berdialog, bercerita,dan berbagi. Jadi jika ingin mengunjungi sebuah blog, cukup pastikan ia ter-update rutin.

Kedua, isi yang menarik. Blog yang layak dikunjungi adalah blog yang membuat pembacanya tergoda untuk selalu membaca isinya. Menarik? Tetapi menarik untuk siapa? Jawabannya menarik untuk Anda. Menarik atau tidak memang subjektif. Ini bisa jadi debat kusir yang berkepanjangan. Menurut si A menarik, belum tentu menurut si B atau C tidak. Tetapi tidak perlu risau, kuncinya hanya satu, Anda tertarik dengan isi blog yang Anda baca, jangan pedulikan orang lain.

Ketiga, desain blog yang menarik. Harus diakui, blog dengan desain menarik menjadi salah satu kriteria untuk dikunjungi pembaca atau tidak. Sebuah blog berdesain bagus akan membuat pembacanya betah berlama-lama membaca postingannya. Sebaliknya, blog yang garing atau malah terlalu rame akan membuat pembacanya merasa cepat bosan.

Keempat, aksesoris/fitur/layanan yang bermanfaat. Salah satu kelebihan blog yang sering dikunjungi pertama pembaca adalah tersedianya aksesoris/fitur/layanan lain. Pembaca blog akan merasa mendapatkan nilai lebih saat berkunjung ke blog tersebut.

Percaya atau tidak, mari kita sama-sama belajar dan membuktikannya...

Ricki Subagja

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment