Wednesday 25 December 2013

Mari Belajar Biologi: EKOLOGI

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. Lingkungan terbagi menjadi dua, yaitu:
Lingkungan Biotik, adalah lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup (manusia, tumbuhan, dan hewan) yang secara langsung mengadakan interaksi.
Lingkungan Abiotik, adalah lingkungan yang terdiri dari makhluk tak hidup, seperti suhu, cahaya, air, pH, kelembapan, mineral, garam, dan kadar garam, yang secara tidak langsung terkait pada keadaan organisme.

Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan biotik meliputi berbagai tingkatan sebagai berikut.
Populasi, yaitu organisme sejenis yang hidup di suatu tempat dalam kurun waktu tertentu. Contohnya yaitu populasi manusia di Jakarta pada tahun 2013.

Komunitas, yaitu kumpulan berbagai populasi yang saling berinteraksi dan hidup di suatu tempat dalam kurun waktu tertentu. Contohnya komunitas hewan di hutan.

Ekosistem, yaitu interaksi seluruh komponen biotik yang membentuk komunitas, yang dikenal sebagai sistem lingkungan.

Biosfer, yaitu tempat terjadinya interaksi seluruh ekosistem di bumi.

Interaksi antar individu sejenis dapat terjadi, baik secara kompetisi maupun simbiosis. Interaksi ini misalnya dalam hal memperoleh makanan, mempertahankan diri, dan melakukan perkawinan. Sedangkan interaksi antar individu dalam komunitas terdiri dari beberapa interaksi yaitu:
  1. Simbiosis Komensalisme, adalah interaksi antar individu yang salah satu individunya  diuntungkan, dan individu yang lainnya tidak dirugikan serta tidak diuntungkan.
  2. Simbiosis Parasitisme, adalah interaksi antar individu yang salah satu spesiesnya dirugikan, dan spesies lainnya diuntungkan.
  3. Simbiosis Netral, adalah interaksi antar individu yang kedua spesiesnya tidak saling dirugikan maupun diuntungkan.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment