Friday 16 August 2013

Setelah Liburan Panjang

Setelah melewati masa liburan Idul Fitri dikampung halaman, akhirnya gw mulai lagi melakukan aktivitas gw dengan penelitian yang belum selesai - selesai.. Dari mulai Rabu, 31 Juli bulan lalu gw udah off dari penelitian.. Sekarang akhirnya gw bisa mulai lagi penelitian gw setelah liburan panjang selama 2 minggu yang rasanya cuma sebentar.. 

Kalo nggak inget sama penelitian, pengen banget rasanya tinggal lebih lama lagi dikampung halaman gw.. Tapi kewajiban gw dan target gw takut meleset.. Gw paksain, dan akhirnya hari ini baru bisa mulai lagi penelitian.. Kegiatan gw hari ini yaitu " Skrining Bakteri Lipolitik ", dimulai dari :
  1. Pembuatan media spesifik Nutrien Agar yang ditambahkan minyak zaitun 3 mL dan Rhodamin - B sebanyak 0,02% dalam 200 mL aquadest..
  2. Untuk menghasilkan emulsi antara minyak zaitun dan NA, ditambahkan Gum Arab dengan perbandingan 1:2, yaitu dengan menimbangnya sebanyak 1,5 gram ditaburkan pada medium NA yang berisi minyak zaitun dengan cara disebarkan dan diaduk sampai terbentuk emulsi. Tujuannya untuk menghomogenkan minyak dalam medium agar. 
  3. Sterilisasi medium NA dan cawan Petri pada autoklaf.
  4. Medium steril dituang pada cawan Petri sebanyak 9 cawan.. Setiap cawan diberi tanda dengan spidol dibagi menjadi 4 bagian. Diamkan sampai medium memadat.
  5. Isolat atau bakteri yang sudah tumbuh sebelumnya dari media agar miring ditransfer dibawah LAF dengan jarum ose kedalam cawan Petri tadi. 
  6. Sampel atau isolat terdiri dari 36 isolat. Ada 4 isolat yang terkontaminasi mikroba lain, sehingga tinggal 32 isolat yang diinokulumkan atau ditransfer pada cawan Petri.
  7. Diinkubasi pada inkubator dengan suhu 37 derajat Celcius. 
  8. Ditunggu hasilnya nanti selama 2 hari atau 24 sampai 48 jam.
Okk.. Cukup itu kegiatan gw untuk hari ini,. Besok?? Gw belum tau masih nunggu hasil inokulum tadi.. Langkah selanjutnya nanti gw kabarin lagi,, Tetep semangat...!!! Buat wisuda Novemberrr..
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment