Monday 2 September 2013

Uji Skrining Bakteri Lipolitik

Bakteri lipolitik yang udah kita isolasi dari ampas minyak kelapa, dipindahkan pada media agar miring pada tabung reaksi untuk tujuan memperoleh koloni murni dari bakteri lipolitik. Setelah itu dilakukan skrining bakteri lipolitik untuk menentukan apakah benar bakteri tersebut adalah bakteri lipolitik. Uji ini dengan menggunakan media agar dengan penambahan zat warna Rhodamin - B 0,010%. 

Hasil menunjukkan koloni yang ditumbuhkan kembali pada media agar cawan petri menghasilkan pendaran warna orange. Ini menunjukkan bahwa bakteri positif bakteri lipolitik. Adanya aktivitas lipolitik dikarenakan mikroba menghasilkan enzim lipase yang digunakan untuk menghidrolisis trigliserida dalam minyak zaitun menjadi gliserol dan asam lemak. 

Pendaran warna orange yang ada disekitar koloni mikroba lipolitik tersebut karena terjadi pembentukan dimer kompleks antara Rhodamin - B dengan asam lemak dan monogliserida atau digliserida ( Wirawan, 2009 ).

Koloni yang di uji dipilih yang memiliki aktivitas tertinggi dengan cara mengukur besar diameter koloni dengan jangka sorong.. Hasilnya diperoleh bakteri dengan koloni paling tinggi yaitu ada 6 koloni.. Koloni ini selanjutnya akan di uji parameter morfologi koloni bakteri lipolitik dan pewarnaan gramnya.. 

Berikut ini hasil uji skrining bakteri lipolitiknya :









Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment