Friday 15 November 2013

Interview Kerja

Hari Selasa kemarin, tepatnya tanggal 12 November 2013 saya dipanggil oleh salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pengadaan alat kesehatan. Entah kebetulan atau tidak, waktu interview itu pas setelah acara wisuda saya di JCC, Senayan pada hari Senin 11 November 2013. Tentu saja ini sangat menggembirakan hati saya karena setelah melakukan upacara wisuda, besoknya langsung diberi kesempatan untuk wawancara kerja. 

Walaupun lelah setelah mengikuti serangkaian proses wisuda, tapi saya sangat bersemangat untuk mengikuti panggilan wawancara itu. Kalo sudah selesai kuliah, apalagi yang akan kita capai?? Tentu saja kita akan berfikir untuk mencari kerja dan bekerja di salah satu perusahaan bukan?? Itu adalah hal yang umum yang diinginkan dan diidam-idamkan oleh para sarjana muda yang baru saja mengenyelesaikan studinya. Atau mungkin juga melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Itu tergantung situasi dan kondisi dari pribadi masing-masing teman-teman.

Menggunakan pakaian kemeja putih, celana hitam, dan sepatu pantopel yang mengkilap saya beranjak dari rumah dengan penuh semangat dan kemantapan. Walaupun memang pakaian yang saya kenakan bekas acara wisuda, karena saya hanya mempunyai baju formal hanya satu setelan, tapi tidak mempengaruhi semangat saya. Ya mungkin agak sedikit cokelat dibelakang kerah baju saya bekas keringat tidak terlalu menonjol untuk dinilai oleh HRD nanti.. 

Acara interview dijadwalkan pukul 09.30 WIB. Saya berangkat dari rumah pukul 08.35 WIB dengan sedikit terburu-buru, karena saya belum tahu dimana letak perusahaannya. Untungnya jalanan tidak terlalu macet karena hari sudang siang. Pukul 09.30 saya sudah sampai didaerah lokasi perusahaan. Nah, yang jadi masalah saya bingung mencari-cari lokasi perusahaannya di blok mana.. Hampir setengah jam saya muter-muter nyari tempatnya, dan akhirnya saya datang tepat waktu sesuai yang dijanjikan.

Sampai disana, saya disuruh mengisi form data diri sambil menunggu peserta lain diwawancara. Ketika sedang mengisi form data diri, tiba-tiba HP saya bergetar lama, saya pikir itu sms. Ternyata ada telepon dari perusahaan lain yang mengundang saya untuk interview/wawancara. Waktu interview besoknya, yaitu hari Rabu. Kemudian saya minta alamat lengkapnya dan patokan tempat perusahaannya. Perusahaan berada di daerah Tanah Abang, sepertinya perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama yang sedang saya kunjungi waktu itu.

Tidak lama kemudian, saya dipanggil untuk naik kelantai 3 untuk interview. Dengan suara saya agak sedikit serak karena sedang sakit batuk, saya bercerita tentang diri saya sendiri dan pengalaman saya bekerja sebelumnya. Kemudian penginterview menanyakan apa alasan saya ingin bekerja menjadi marketing?? Saya menjawab ingin menjadi enterpreneur yang sukses. Saya ingin menjadi pengusaha yang sukses. Dan saya akan memulai itu dari perusahaan ini..

Penginterview mengatakan tertarik dengan kata-kata saya. Enterpreneur yang dia garis bawahi dari kata-kata yang saya ucapkan. Dan dia bertukar pikiran kalo dia bangga menjadi Salesman. Apapun itu bidangnya, Salesman bukanlah pekerjaan rendahan. Banyak orang sukses lahir dari Salesman. Dia pun mengatakan kalo dia sebenarnya dokter hewan. Tapi sekarang dia menjadi bos besar di perusahaannya sekarang.. Luar biasa bukan??

Setelah panjang lebar saya di interview, akhirnya selesai juga dengan kata kapan saya bisa bekerja dan psikotes. Saya bilang secepatnya, dan ketika sudah semuanya selesai saya langsung pulang. Diperjalanan saya ditelepon oleh perusahaan tadi tetapi tidak diangkat, dan mereka sms saya untuk interview hari Sabtu, tanggal 16 November 2013 besok pukul 09.30 WIB. Baru hari ini saya terima email untuk mengisi form identitas diri dan letak peta tempat saya untuk psikotes. 

Akhirnya, saya berharap mudah-mudahan besok diberi kenudahan dan kelancaran agar bisa diterima menjadi karyawan diperusahaan ini.. Semoga Allah memberikan jalan yang terbaik buat rezeki saya.. Amiiinn..
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment