Saturday 2 November 2013

Menumbuhkan Motivasi

Motivasi diri tampaknya merupakan salah satu faktor yang harus kita tumbuhkan mulai detik ini juga. Sebab, tanpa motivasi positif dalam diri kita rasanya akan sulit bagi kita untuk berkembang meraih prestasi. Berikut ini akan kita ulas beberapa hal yang Insya Allah dapat membantu dalam membangkitkan motivasi. Tips ini penulis peroleh dari buku yang dikarang oleh Kh. Abdullah Gymnastiar, dengan judul bukunya " Sebuah Nasihat Kecil ". Karena isi dan maknanya cukup sederhana dan penuh hikmah, maka saya berinisiatif untuk berbagi kepada teman-teman pembaca. Berikut ini tipsnya dalam membangkitkan motivasi diri :
  1. Munculkan Harapan. Prinsip pertama agar seseorang memiliki semangat yang menggebu sehingga ia mampu berbuat sesuatu untuk membangkitkan motivasi diri ialah adanya kemampuan memunculkan harapan. 
  2. Mengenali Allah. Orang yang memiliki harapan akan mampu berjuang dengan baik. Ia akan memiliki daya tahan yang luar biasa, kesabaran yang lebih prima, dan akhlak yang lebih mulia. Inilah yang sebenarnya dibutuhkan oleh kita yang akan membuat kita lebih tanggung, lebih tahan, sehingga lebih mampu berbuat sesuatu yang bermanfaat. Dan harapan ini biasanya sangat besar ketika orang tersebut mengenal Allah dan agama-Nya dengan benar.
  3. Membersihkan hati. Memang benar kita adalah manusia normal yang akan senantiasa menghadapi hal-hal yang tidak kita duga dalam hidup ini. Kita harus mampu melatih mengendalikan hati kita. Sebab jika kita tidak melatih diri dan senantiasa memelihara hati kita dalam kekotoran, maka kita akan merasakan diri ini seolah-olah masuk dalam lingkungan yang berisi ular, singa, dan binatang buas lainnya. Orang yang berhati bersih akan dijanjikan oleh Allah sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur'an surat Asy Syams ayat 9," Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu." Karena dengan hati yang bersih, kita akan mengenal Allah dengan baik dan dengan mengenal Allah dengan baik, kita akan memiliki kekuatan dan kemampuan yang melimpah. 
Kekuatan dan kemampuan inilah yang dapat membuat kita berbuat sesuatu dengan lebih hebat dari yang kita duga. Dan memang inilah arti dari hidup di dunia ini, menjadi hamba Allah dan menjadi khalifah yang dapat berbuat sesuatu yang bermanfaat. Hidup di dunia bukan sekedar mampir belaka, tetapi kita harus meninggalkan karya yang bermakna bagi kehidupan di dunia dan berarti bagi kehidupan di akhirat. Wallahua'lam.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment