Sunday 17 March 2013

4 Tipe Pembohong

Ada dua cara manusia saling berinteraksi, yaitu melalui ucapan dan bahasa tubuh. Kadang - kadang satu dari dua cara ini mendominasi yang lain, tetapi biasanya mereka bertindak bersama - sama. Secara singkat, cara kerjanya adalah setelah otak menganalisis kata - kata dan bahasa tubuh lawan bicara, otak akan mengirimkan suatu pesan kepada kita yang akan membuat kita bereaksi positif atau negatif, seperti kecurangan, keyakinan, dan keraguan.

Kita semua pasti pernah mendapatkan suatu pengalaman mendengarkan seseorang bercerita dan meskipun kata - katanya terdengar masuk akal dan nyata, tetapi ada " sesuatu " yang memberitahukan kepada kita bahwa sepertinya orang ini tidak menceritakan sebuah kebenaran. Sesuatu ini sebetulnya adalah sebuah pesan dari otak yang ingin melindungi kita. Otak kita mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk membaca dengan cepat semua yang kita lihat serta menguraikan tanda atau sinyal. Semakin sering kita melatih otak untuk menganalisis sesuatu, semakin cepat dan akurat kemampuan otak kita.

Mampu mengetahui seseorang sedang berbohong kepada kita akan sangat membantu kehidupan kita lebih baik. Sadar atau tidak sadar, setiap manusia memiliki sifat dasar yang tidak suka dibohongi meskipun yang bersangkutan adalah pembohong.
Ada empat tipe pembohong dalam kehidupan kita ini. Semoga bisa menjadi bahan pengetahuan untuk kita semua dalam kewaspadaan dan koreksi diri.

Pertama, Pembohong sesekali.
Kita pasti pernah melakukan kebohongan selama hidup. Pembohong sesekali adalah orang yang tidak biasa berbohong. Hanya karena beberapa alasan mereka terpaksa melakukannya. Mungkin karena ingin melindungi dirinya, temannya, orang yang dicintai, atau seseorang yang lain. Perlu diketahui bahwa dibalik setiap kebohongan selalu ada ketakutan. Pembohong sesekali selalu memikirkan betul - betul apa yang diucapkanya sehingga tampak masuk akal.
Akan tetapi, karena mereka tidak biasa berbohong, bahasa tubuhnya tetap memperlihatkan banyak tanda atau sinyal yang menunjukkan bahwa mereka sedang berbohong. Oleh karena itu, tidaklah terlalu sulit mengidentifikasi tipe pembohong seperti ini.

Kedua, Pembohong berkali - kali.
Pembohong berkali - kali adalah orang yang berbohong dengan teratur. Tidak seperti pembohong sesekali, pembohong berkali - kali tidak mempunyai waktu untuk berfikir tentang kebohongan karena mereka berbohong sepanjang hidupnya. Namun, mereka sebetulnya menyadari bahwa mereka berbohong. Orang - orang ini sering terjebak dengan tindakan yang mereka lakukan, yaitu tidak sesuai dengan apa yang mereka ucapkan.

Ketiga, Pembohong alami.
Pembohong alami adalah orang yang terus - menerus berbohong dan seringkali mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang berbohong. Bahasa tubuh mereka pun terlihat sangat alami karena terbiasa berbohong. Namun ketika mereka ditekan dengan pertanyaan - pertanyaan yang menyudutkan, bahasa tubuhnya memperlihatkan adanya kontradiksi dan mengidentifikasikan bahwa mereka sedang menyembunyikan sesuatu. Tipe pembohong alami agak mirip dengan pembohong berkali - kali. " Sok Tau" adalah salah satu contoh tipe pembohong alami.

Keempat, Pembohong profesional.
Jenis pembohong ini berbohong untuk suatu tujuan tertentu atau sengaja ingin mengelabuhi kita. Mereka mempelajari segala kemungkinan dan mengetahui persis apa yang ingin mereka ucapkan. Mereka membuat skenario, memperhitungkan risiko kegagalan, dan membuat rencana - rencana cadangan. Meskipun mereka berlatih menggunakan bahasa tubuhnya, tetapi selalu ada hal kecil terlewatkan oleh mereka. Kita dapat mengetahui hal - hal kecil tersebut dengan sering mengamatinya, tentu saja. Salah satu tipe pembohong seperti ini adalah salesman yang berlebihan, yaitu mereka yang mempromosikan suatu produk, padahal produknya sendiri mempunyai kualitas yang rendah. Contoh yang lain adalah para politikus yang korup karena mereka sengaja mengelabui publik untuk kepentingan pribadi.

Bebohong bisa menjadi bahan hiburan, tetapi bisa jadi sangat menyakitkan jika sudah serius.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment