Thursday 28 March 2013

Wisata Kuningan Jawa Barat



Anda tau daerah Kuningan?
Tentu bukan Kuningan yang ada di Jakarta Selatan yah..
Yang saya maksud adalah Kuningan Jawa Barat, yaitu daerah kecil yang terletak bersebelahan dengan kota Cirebon. Kuningan adalah suatu kabupaten yang daerahnya merupakan daerah dataran tinggi. Gunung Ceremai adalah gunung yang tertinggi didaerah Jawa Barat.

Kuningan terkenal dengan makanan khasnya yaitu peuyeum ( tape ) yang terbuat dari beras ketan dan dibungkus dengan daun jambu air, difermentasi menjadi makanan yang enak rasanya. Atau mungkin emping melinjo, rujak kangkung cibeureum, nasi lengko, atau juga nasi kasreng khas Luragung yang masih daerah Kuningan, dan masih banyak lagi makanan - makanan khas lainnya.

Mayoritas masyarakat Kuningan menggunakan bahasa Sunda dalam kesehariannya. Dengan segala keramah - tamahannya menjadikan daerah ini patut untuk dikunjungi.

Karena letaknya berada dikaki Gunung Ceremai, maka Kuningan memiliki suhu relatif dingin dari pada daerah Cirebon sebagai tetangganya. Selain itu pula, daerah ini banyak terdapat objek wisata yang cukup membuat kita melupakan sekejap segala masalah yang dialami. Baik itu objek wisata alam yang mampu menyihir mata para penikmat alam, atau hanya sekedar menghilangkan stess sejenak. Dan juga objek wisata sejarah, yang hanya menikmati dan menyaksikan bukti - bukti bersejarah.

Kalo Anda berminat berkunjung ke daerah Kuningan, maka tidaklah sulit dan tanpa biaya yang begitu mahal. Suasana pedesaan yang begitu asri akan membuat Anda begitu betah berlama - lama tinggal disana seakan tidak mau pulang kerumah asal.

Tempat yang wajib Anda kunjungi ketika Anda berada di Kuningan adalah ketempat objek wisata Cibulan, Lembah Cilengkrang atau Curug Cilengkrang, Cidomba, Palutungan, Musium Perundingan Linggar Jati, dan Pemandian Air Panas Sangkan Hurip.

Berikut ini ada sebagian foto - foto ketika saya berkunjung kedaerah sana..

Cidomba




Cidomba merupakan tempat perkemahan yang menyajikan fasilitas Curug Cidomba ( air terjun ) buatan yang dibawahnya terdapat ikan - ikan mas, kolam renang air pegunungan alami, out bond, dan pengenalan tumbuh - tumbuhan dihutan Cidomba. Yang paling menarik perhatian dari tempat itu adalah terdapatnya hewan atau binatang - binatang yang unik. Seperti domba bertanduk tiga, domba berkaki tiga, dan  masih banyak lagi hewan - hewan unik lainnya. Disana juga disediakan mobil yang dibentuk seperti kepala domba untuk pengunjung yang ingin berkeliling dikawasan tersebut. Biaya tiket masuknya pun cukup murah. Hanya dengan uang lima ribu rupiah kita sudah bisa masuk kelokasi wisata ini.

Cibulan




Cibulan sendiri adalah merupakan suatu objek wisata yang identik dengan cerita sejarah berbau mistik. Disana terdapat kolam renang dengan air alami gunungnya yang didalamnya terdapat ikan - ikan jenis mas atau kancra bodas yang biasa orang menyebutnya ikan Dewa. Ikan ini besarnya rata - rata sepaha orang dewasa, terlihat jinak, dan uniknya lagi ketika kita berenang maka ikan itu seolah - olah tidak pernah ada. Walaupun ikan tersebut jumlahnya cukup banyak, ikan ini tidak akan pernah tersentuh ketika kita berenang.
Kolam renang ini dengan airnya yang alami dan sangat dingin sekali. Diatasnya terdapat pohon beringin besar yang membuat sejuk daerah sekitarnya.
Fasilitas lainnya yaitu Sumur Tujuh yang penuh dengan cerita sejarah dan ketika kita mandi disana setiap sumurnya memiliki arti masing - masing. Fasilitas yang mungkin baru yaitu adanya terapi ikan kecil untuk kaki. Tempatnya cukup nyaman dan tenang. Jika kita ingin berkunjung kesana, maka kita cukup menyiapkan uang lima ribu saja untuk bisa masuk kekawasan tersebut.

Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang merupakan objek wisata lainnya yang patut dicoba bagi yang menyukai tantangan dan keindahan alam. Perjalanan menuju tempat ini lumayan jauh.Lembah Cilengkrang ini adalah merupakan taman nasional Gunung Ceremai. Disana kita dapat menikmati dua air terjun yang berbeda, perjalanan menyusuri hutan dan perkebunan alpukat, dan sungai dengan air jernihnya. Karena letaknya memang tepat dikaki gunung Ceremai, maka terdapat pemandian air panas sederhana yang berada disekitar air terjun.
Tiket masuknya cukup murah dengan hanya membayar uang Rp. 3500, saja kita udah bisa menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan ini.

Palutungan




Tempat ini juga terletak dikaki gunung Ceremai. Merupakan tempat bumi perkemahan dan wisata alam outbound yang terdapat air terjun yang indah. Suasana hutan pinus yang sejuk dan indah membuat kita ingin berlama - lama disana. Biaya masuknya hanya tujuh ribu rupiah. Cukup bagus dan asyik untuk kita yang ingin berada dalam situasi menenangkan diri.

Linggar Jati
Tidak lengkap kalo ke Kuningan tanpa berkunjung ke tempat ini. Tempat ini adalah sisa peninggalan sejarah bangsa Indonesia tempo dulu. Disini terdapat suatu gedung bersejarah ketika terjadinya Perundingan yang dinamakan Perundingan Linggar Jati. Terdapat alat - alat atau semua yang berhubungan dengan perundingan tersebut masih dijaga seperti aslinya. Mulai dari letak meja, kursi, bahkan tempat tidur yang pernah ditiduri para tokoh - tokoh kemerdekaan bangsa kita.

Penasaran dengan  Kuningan, ayo rencanakan pergi bersama teman - teman, keluarga , atau tim kerja untuk berkunjung ke Kuningan. Tempat diatas tadi hanya sebagian kecil wisata yang ada di Kuningan. Masih banyak lagi tempat - tempat yang indah di Kuningan.
Kuningan ASRI,
Kuningan Aman, Sejuk, Rindang, dan Indah. Itu semboyan daerah Kuningan..


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment