Sunday 9 June 2013

Enzim

Suatu ciri makhluk hidup adalah terdapatnya proses metabolisme yang disertai oleh suatu protein yang disebut enzim. Enzim adalah suatu katalisator protein yang mempercepat reaksi kimia dalam makhluk hidup atau dalam sistem biologik.

Menurut literatur diperkirakan terdapat 3000 macam enzim di dalam sel. Tanpa enzim maka reaksi seluler berlangsung sangat lambat, bahkan mungkin tidak terjadi reaksi.

Dalam mengkatalisis reaksi tersebut enzim bersifat sangat spesifik, sehingga meskipun jumlah enzim ribuan didalam sel dan substrat pun sangat banyak, tidak akan terjadi kekeliruan. Yang dimaksud dengan substrat adalah substansi yang mengalami perubahan kimia setelah bercampur dengan enzim. Sedangkan produk adalah substansi baru yang terbentuk setelah reaksi mencapai keseimbangan.

Protein enzim disebut apoenzim mempunyai struktur 3 dimensi dan bagian yang bukan protein disebut koenzim. Komplek apoenzim dengan koenzim disebut holoenzim.

Struktur 3 dimensi tersebut sangat penting untuk aktifitas katalisis, oleh karena itu perubahan konformasi yang sedikit saja pada struktur enzim akan mempengaruhi aktifitasnya.

Seperti protein pada umumnya enzim dapat mengalami denaturasi oleh berbagai faktor, seperti : perubahan pH yang sangat menyolok, temperatur, pelarut organik, urea dan dapat dihambat dengan racun enzim.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment