Tuesday 11 June 2013

Kelebihan Ilmu Diatas Harta

Al Allamah Ibnul Qayyim menerangkan tentang kelebihan ilmu diatas harta, yaitu :

1. Ilmu adalah warisan nabi, sedangkan harta adalah warisan para raja dan orang kaya.

2. Ilmu menjaga pemiliknya sedangkan harta harus dijaga oleh pemiliknya.

3. Ilmu mengendalikan harta sedangkan harta dikendalikan oleh ilmu, dengan demikian ilmu adalah memerintah sedangkan harta diperintah.

4. Ilmu selalu bertambah jika didermakan dan diajarkan kepada orang lain, sedangkan harta akan hilang percuma jika dibelanjakan kecuali shadaqah.

5. Ilmu senantiasa menemani pemiliknya hingga ke liang kubur, sedangkan harta akan memisahkan diri dari pemiliknya sesudah kematiannya  kecuali shadaqah jariyah.

6. Harta dapat diperoleh setiap orang, baik kafir maupun muslim, yang durhaka maupun yang shalih. Sedangkan ilmu yang bermanfaat tidak akan diperoleh kecuali seorang mukmin.

7. Para raja dan lainnya membutuhkan orang berilmu, sedangkan orang miskin dan orang - orang yang butuh memerlukan pemilik harta.

8. Pemilik harta bisa saja menjadi fakir antara siang dan malam hari, sedangkan ilmu tidak dikhawatirkan kemusnahannya, kecuali jika pemiliknya menyia - nyiakannya.

9. Harta kadangkala menjadi sebab kebinasaan pemiliknya, berapa banyak orang yang kaya diculik karena hartanya. Sedangkan ilmu adalah kehidupan bagi pemiliknya meskipun sudah wafat.

10. Kebahagiaan karena ilmu bersifat abadi, sedangkan kebahagiaan harta bersifat sementara dan suatu saat akan binasa.

11. Orang yang berilmu kadar dan nilainya ada pada dirinya sendiri, sedangkan orang kaya nilainya terdapat pada hartanya.

12. Orang kaya dengan hartanya mengajak orang lain untuk mengejar dunia, sedangkan orang berilmu mengajak orang lain untuk menuju akhirat...

( Agenda Pelajar Muslim )
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment