Wednesday 17 July 2013

Menyikapi Perbedaan

Indahnya Allah Menciptakan aneka bentuk
Indahnya Allah Menciptakan aneka warna
Indahnya Allah Menciptakan aneka rupa
Alangkah indahnya taman bunga disekeliling kita. Aneka warna, aneka perbedaan, aneka dan ragam bau wewangian. Sungguh, keindahan itu terwujud karena adanya perbedaan. Keindahan bukan terwujud dari persamaan atau kesamaan warna kulit, bentuk, bahasa, dan lainnya. Perbedaan akan menjadi keindahan dan kian indah, apabila diikat dengan hati. 

Lantas mengapa negeri kita ini harus tercabik - cabik dan terpecah belah satu sama lain hanya karena adanya perbedaan? Negeri kita ini menjadi sakit bukan karena perbedaan, tetapi karena kita belum terbiasa menyikapi perbedaan. Alangkah indahnya jika negeri ini sudah terbiasa menyikapi perbedaan.. Kita sebagai generasi muda, sebaiknya lah yang memulai dan menciptakan suasana perbedaan itu menjadi keindahan.. Dengan rumus 5M dibawah ini, diharapkan kita bisa belajar dan memahami apa  itu artinya perbedaan.. 

M yang pertama adalah menyadari. Kita harus mulai melihat perbedaan ini dengan menyadari bahwa perbedaan itu pasti ada dan bahkan harus ada.

M yang kedua adalah memahami. Artinya, kita harus senantiasa mencoba memahami setiap perbedaan yang ada. 

M yang ketiga adalah memaklumi. Sejak saat ini kita harus belajar untuk memaklumi setiap perbedaan yang ada diantara kita.

M yang keempat adalah memaafkan. Perbedaan tak jarang membuat adanya ketersinggungan - ketersinggungan. Oleh karena itu kita harus mampu memberi keluasan maaf.

M yang kelima adalah memperbaiki. Terkadang perbedaan memang tidak selalu baik, di sinilah kita perlu kemauan untuk memperbaiki, bukan menyalahkan.

Sesungguhnya tidak ada yang salah dengan perbedaan.. Yang salah adalah jikalau kita tidak bisa menyikapi perbedaan yang ada. Bukankah Allah menciptakan keindahan itu justru dari perbedaan yang ada.. Indahnya kebersamaan justru kalau kita dapat merasakannya sebagaimana kita melihat suatu rangkaian bunga. Kita dapat menemukan bunga yang berwarna coklat, merah, jingga, atau merah muda. Semuanya terpadu memberi nuansa indah yang memikat mata untuk melihat. Ya..!!! Kita melihat keindahan itu justru melalui perbedaan.. 
Bagaimana menurut pendapat Anda tentang perbedaan dalam kehidupan kita ini???


Sumber
K.H. Abdullah Gymnastiar
# Sebuah Nasihat Kecil








Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment