Sunday 28 April 2013

Manajemen Waktu, Kunci Utama Mencapai Sukses

Betapa seringnya kita mendengar pepatah yang mengatakan " Waktu Adalah Uang". Tapi sebenarnya berapa banyak diantara kita yang benar - benar dapat memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik - baiknya..

Sebenarnya jika kita ingin mengatur kehidupan kita dan membuatnya menyenangkan, sebagai permulaan yang kita butuhkan adalah mengatur waktu kita. Tak perlu dipertanyakan lagi, pengaturan waktu yang efektif merupakan hal mendasar untuk lingkup berbagai wilayah kehidupan.
us
Jika kita meninjau lebih dalam, kita akan melihat bahwa sebenarnya pengaturan waktu tak jauh beda dengan manajemen diri. Karena pada kenyataannya, kita tak bisa mengatur waktu tapi kita mengatur diri sendiri dan apa yang kita lakukan dalam setiap kesempatan.

Sukses merupakan hasil dari kebiasaan. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana kita menggunakan waktu dengan dimulai dari kebiasaan kita. Dan kebiasaan ini dimulai sebagai pembuatan keputusan secara sadar.

Sekali kita bisa, seterusnya kebiasaan bagus ini akan jadi hal alami. Dalam banyak kasus, sukses bukan dihasilkan dari hal yang tak biasa, tapi lebih sebagai hasil dari kemampuan seseorang untuk menguasai keduniawian. Dengan konsisten menampilkan seluruh tugas penting yang belum sempurna, sejalan dengan waktu aktivitas ini akan berubah jadi pencapaian besar.
Berikut beberapa tips sederhana yang dapat diikuti untuk melakukan pengaturan waktu yang lebih baik...

Jangan Menangguhkan,
Lakukan saat ini juga. Saat orang menunda sesuatu, itu berarti membunuh daya gerak pencapaian pada tujuan saat ini dan menghalangi kesempatan masa depan lantaran waktu yang tersumbat. Cara untuk mencegah penundaan adalah dengan merancang deadline untuk tujuan yang harus dicapai. Menghindari deadline terakhir membawa penundaan yang diatur tujuan sebagai perantara untuk mencapai setingkat demi setingkat menuju tujuan.

Lacak Aktivitas Kita,
Memori adalah penuntun yang payah, jika ini berhubungan dengan menetapkan bagaimana kita melewatkan waktu kita. Cara terbaik untuk merekam aktivitas kita sepanjang hari adalah dengan mendata apa yang kita lakukan. Kebanyakan orang akan menemukan kalau mereka memiliki waktu tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal yang lebih membangun atau tindakan yang efisien. Kurangi waktu yang kita gunakan untuk bertelepon, smsan, membolak - balik majalah atau surfing di web yang tak menghasilkan apapun, dan batasi kegiatan - kegiatan yang tak penting.

Berkonsentrasi Pada Hasil,
Banyak orang melewatkan waktu mereka sepanjang hari dengan aktivitas yang hiruk - pikuk, tapi hanya sedikit yang membuahkan hasil. Itu semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Jangan terkecoh antara bekerja secara efisien dan bekerja secara efektif. Aktivitas padat memang kadang dapat membebaskan dari tekanan, tapi itu tak mencapai tujuan yang ingin dicapai. Dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit prioritas utama secara teratur, kita dapat mencapau lebih banyak hal dalam waktu singkat.

Ingat Prinsip 80/20,
20% kunci aktivitas kita, akan memberikan kita 80% dalam bentuk hasil. Tujuannya adalah untuk mengubah ini untuk memastikan kalau kita berkonsentrasi sebanyak usaha yang mungkin kita lakukan untuk hasil tertinggi dari tujuan.

Gunakan Waktu Perjalanan Dengan Bijak,
Sangat mudah untuk mengabaikan waktu yang dilakukan untuk menempuh perjalanan dalam penafsiran manajemen waktu. Pertimbangkan dengan hati - hati apakah ini merupakan waktu yang sesuai dimana kita dapat juga menggunakannya secara lebih produktif. Sebagai contoh, jika kita memilih naik angkot atau kereta untuk menuju tempat kerja, apakah ini menyediakan kesempatan untuk membuat penggunaan waktu kita jadi lebih baik...

Nah gimana menurut Anda tips tadi? Sudah siapkan kita memanajemen waktu dan menjadi orang sukses? Mulai dari sekarang dan dari hal yang kecil.. Bukankah hal kecil itu akan menentukkan hal yang besar..
Setuju ga dengan tips dari saya ini? Silahkan tinggalkan komentar...

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment