Friday 22 February 2013

Kalibrasi dan Validasi

Apa sih bedanya kalibrasi dengan validasi itu?
Pertanyaan itu muncul ketika kita baru masuk kerja di industri farmasi atau obat atau sejenisnya. Istilah ini mungkin cukup asing bagi sebagian orang. Tapi bagi orang farmasi atau tenaga kesehatan lain kata ini sudah tidak asing lagi didengar. Tapi apa bedanya antara kalibrasi dan validasi? Untuk tujuan apa kegiatan tersebut dilakukan? Silahkan pahami baik - baik pemaparan berikut ini.

Kalibrasi
Yaitu kegiatan untuk menentukkan kebenaran dan ketepatan penunjukkan alat ukur atau bahan ukur dengan membandingkan terhadap standar ukur  yang tertelusur ke standar nasional dan / atau ke standar internasional.
Manfaatnya sendiri yaitu untuk menjaga kondisi alat ukur tetap sesuai spesifikasinya. Dan juga menjaga tingkat kepercayaan umum terhadap hasil pengukuran dari alat ukur yang dipakai.
Parameternya sendiri yaitu dimensi dan massa, temperatur, tekanan, putaran mesin, waktu, dan air flow.

Validasi
Yaitu tindakan pembuktian dengan cara yang sesuai bahwa tiap proses, prosedur, kegiatan, sistem, perlengkapan atau mekanisme yang digunakan dalam produksi dan pengawasan akan senantiasa mencapai hasil yang diinginkan.
Tujuan validasi yaitu mengidentifikasi parameter proses yang kritik, menetapkan batas toleransi yang dapat diterima dari masing - masing parameter proses yang kritis, memberi cara pengawasan terhadap parameter proses yang kritis, dan menghasilkan hasil yang standar atau reprodusibel.

Nah, hanya itulah yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat..
Comments
0 Comments