Saturday 9 February 2013

MANAJEMEN WAKTU

        Waktu berjalan terus tanpa pernah menoleh kebelakang. Manusia hanya perlu memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan semua kegiatan bermanfaat secara optimal. Setiap orang memiliki cara sendiri - sendiri untuk mengisi dan mengatur waktu yang dimilikinya. Perbedaan dalam mengatur dan mengisi waktu inilah yang dapat menunjukkan perbedaan hasil dalam setiap usahanya.
        Setiap orang memiliki waktu yang sama setiap harinya yaitu 24 jam dalam sehari. Bagi orang yang memanfaatkan waktu dengan baik, mereka merasa waktu 24 jam itu sangatlah sebentar. Tapi jika kita menghabiskan waktu hanya untuk bersantai - santai dan tanpa memanfaatkan waktu dengan baik, waktu terasa membosankan dan begitu lama sekali.
       Bagi orang Arab, mereka punya pepatah sendiri tentang waktu. " Waktu laksana pedang ", maksudnya yaitu jika kita menyia - nyiakan waktu kita, maka waktu akan menggores dan membunuhmu seperti pedang.
Sedangkan pepatah yang sering kita dengar adalah " Waktu adalah uang ", setiap detik, menit, dan jam waktu kita adalah uang. Karena ketika kita menjadi pengusaha  atau enterpreneur, betapa pentingnya waktu dalam setiap kegiatan. Tertinggal saja sedikit waktu, maka uang akan menjauhi kita.
      Begitu pentingnya waktu dalam hidup, maka saya akan mencoba berbagi kiat praktis mengelola waktu yang baik. Dengan tujuan bahwa hidup kita akan lebih berkualitas dan tidak menyia - nyiakan waktu sebelum datangnya ajal kita.

Membuat to do list
Urutkan semua daftar kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu sehari. Tetapkan prioritas tertinggi dan letakkan di urutan pertama. Daftar ini berguna untuk membuat kita tetap fokus dan menyelesaikan semua aktivitas dengan baik.

Menuliskan secara detail
Daftar yang termasuk dalam jadwal akan lebih baik bila dituliskan secara mendetail, lengkap dengan penjelasan cara penyelesaian suatu aktivitas.

Membagi pekerjaan
Satu langkah besar terdiri dari beberapa langkah kecil. Oleh karena itu, bagilah satu tugas menjadi beberapa bagian kecil dan kerjakan satu demi satu agar setiap tugas terlaksana dengan baik.

Realistis
Setiap pekerjaan harus mendapat waktu yang memadai untuk bisa diselesaikan dalam satu hari. Jangan terlalu keras kepada diri sendiri karena semua perencanaan diharapkan logis dan masuk akal.

Kebiasaan baik
Lakukan kegiatan yang akan berkembang menjadi satu kebiasaan baik. Kebiasaan baik adalah energi tambahan yang diperlukan untuk membuat bisnis lebih berkembang.

Menerapkan kerapihan dalam setiap pekerjaan
Setiap pekerjaan yang sudah selesai akan menyisakan kertas atau surat - surat yang sudah tidak diperlukan lagi. Semua data sudah disimpan rapi dan aman dalam komputer sehingga data yang tertulis diatas kertas atau surat sudah tidak berguna lagi. Jangan ragu membuang semua itu karena statusnya sudah berubah menjadi sampah.

Siap bertarung
Persiapkan segala sesuatu yang akan digunakan besok dari malam sebelumnya. Saat esok tiba, kita tidak akan menghabiskan waktu untuk mencari sesuatu yang tertinggal. Waktu kita akan lebih efisien dan tidak ada yang terbuang percuma.

Membuat tanda atau peringatan
Ingatkan diri sendiri tentang kegiatan yang akan dilakukan. Pasang alarm bila perlu untuk sekedar mengingatkan kembali bila suatu waktu kita lupa dengan jadwal hari ini.

Skala prioritas
Pekerjaan dan aktivitas kita akan selesai dan tuntas semua dengan baik apabila kita mengurutkannya berdasarkan skala prioritas. Mana yang lebih layak ditetapkan sebagai prioritas utama dan mana yang memiliki waktu yang lebih  panjang untuk diselesaikan.

Belajar berkata " TIDAK"
Kita harus bisa memilah mana yang penting dan memberikan manfaat pada kegiatan kita dan mana yang tidak. Bersikap baik pada semua orang dengan tujuan agar tatap terjalin pertemanan dan relasi bukan berarti kita harus selalu menuruti semua permintaan orang lain. Kita harus tetap fokus dan konsentrasi dengan pekerjaan kita sendiri.

Jeda waktu
Sisihkan sedikit waktu untuk kita bisa menghela nafas lega dan beristirahat sejenak. Waktu yang disediakan untuk menyegarkan pikiran dan badan ini harus dimanfaatkan dengan baik demi efisiensi waktu.

Fleksibel
Tidak semua pekerjaan bisa dilaksanakan sesuai waktu yang telah kita tetapkan. Jika ada yang belum selesai bisa diselesaikan di waktu berikutnya.

Disiplin diri
Semua jadwal yang telah dibuat berdasarkan prioritas dan urutan terpenting tidak akan berguna sama sekali jika dalam diri kita tidak terpancang sikap disiplin diri untuk menyelesaikan komitmen yang telah dibuat.

Fokus pada hasil
Seringkali kita melakukan banyak aktivitas yang padat setiap harinya, tetapi bila diperhatikan hasil yang didapat hanya sedikit. Hal yang menjadi penyebabnya adalah kurangnya konsentrasi atau tidak fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Dengan mengerjakan prioritas utama hingga tuntas dilanjutkan dengan prioritas berikutnya maka yakinlah pekerjaan akan selesai dan membuahkan hasil yang memuaskan.
  

Nah itulah beberapa tips dan kiat mengatur waktu dengan baik. Dapat diterapkan bagi pelajar ataupun para pekerja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..!!!???!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment