Saturday 25 May 2013

Prestasi gW

Nama gw Ricki. Nama yang diberikan orang tua gw atas saran dari paman. Gw lahir tanggal 19 Maret 1990 pada hari Senin.Waktu lahir paman gw bilang nama Ricki anaknya bakalan sedikit bandel. Gw lahir dikeluarga sederhana dengan anggota keluarga gw hanya berlima, Bapak, Ibu, gw, dan dua kakak Waskinah dan Suherna. Kakak yang paling sayang sama gw yaitu kakak cowok. Dia   selalu ngasih gw saran dan dianggap gw sebagai temannya.

Umur 2 - 6 tahun gw tinggal di Jakarta. Bapak gw pedagang bubur ayam keliling dengan gerobak dorongnya. Sampe gw umur 7 tahun gw balik ke Kuningan dan mulai sekolah dasar. Ibu gw juga sebelumnya berjualan sembako dirumah, tapi ketika gw udah mulai sekolah, warungnya bangkrut karena banyak saingan. Bapak gw juga beralih kejualan rokok dan minuman kemasan di Jakarta.

Ketika umur gw 7 tahun, gw didaftarin sekolah SD sama ibu gw.. Nama gw kemudian berubah dari penulisan yang dikasih paman gw. Nama gw berubah jadi Riki Subagja dan tanggal lahir gw jadi tanggal 3 Maret 1990. Karena gw belum dibikinin akta, jadi ibu gw lupa dan asal merubah begitu saja dengan nama yang sedikit jadul menurut gw.

SDN Suka Sari 1 adalah tempat pertama kali gw belajar ilmu pengetahuan. Tahun 1997 - 2003 gw ngejalanin pendidikan SD. Kelas 1 - 2 gw seperti anak biasa saja. Namun setelah naik ke 3, kemampuan gw mulai terlihat. Peringkat 1 dari kelas 3 sampe kelas 6 merupakan kebanggaan tersendiri bagi gw dan orang tua gw khususnya.

Ketika SD gw dikenal sebagai anak yang baik, rajin, sopan dan gak aneh - aneh. Guru - guru banyak yang suka dan tetangga selalu menyanjung - nyanjung gw. Prestasi yang pernah gw dapet di SD diantaranya yaitu :
1. Peringkat 1 kelas 3 sampe kelas 6.
2. Juara Murid Teladan kelas 5 antar SD se - Kecamatan.
3. Juara Lomba Sinopsis bahasa Indonesia kelas 5 SD se - Kecamatan
4. Juara Lomba Dokter Cilik kelas 5 SD se - Rayon ( 5 sekolah ).
5. Juara Volley Ball kelas 6 SD se - Kecamatan.
6. Menjadi Da'i Kecil saat perayaan Isra' Mi'raj kelas 4 SD.
7. Pengibar bendera Merah Putih saat upacara setiap hari Senin.
8. Anggota Pramuka.
9. Anggota Paskibra.

Setelah lulus SD, gw lanjutin sekolah ke SMPN 1 Karangkancana. Yaitu SMP  yang ada di kecamatan. Tempatnya jauh dari pemukiman warga atau bisa dikatakan berada di tengah tempat terpencil seperti perkebunan. Suasananya masih alami, banyak pohon dan sawah - sawah.

Di SMP, gw masih seorang anak yang baik, rajin, sopan dan gak aneh - aneh. Gw tinggal dirumah sendiri tanpa orang tua gw. Ibu Bapak gw selalu di Jakarta nyari biaya hidup keluarga, terutama buat gw. Hanya tinggal gw tanggungan hidup orang tua  gw. Gw dititipin sama Bibi, adik dari Ibu gw. Semua kerjaan gw lakuin drumah gw dari nyuci baju, ngepel rumah,dan semua keperlaun sekolah gw sendiri yang ngurus. Hanya makan saja yang numpang di Bibi karena gw gak bisa masak.

Antara tahun 2004 - 2006 prestasi yang gw dapet di SMPN 1 Karangkancana dari akademik maupun non akademik diantaranya yaitu :
1. Peringkat 2 kelas 1 - 3 SMP.
2. Peringkat 1 kelas 2 semester 1.
3. Perwakilan siswa pada penyematan Kartu MOS ( Masa Orientasi Siswa ) oleh Kepala Sekolah.
4. Anggota OSIS sekbid 3 angkatan 2004.
5. Ketua Kelas, kelas 1 - 2 SMP.
6. Ketua 1 OSIS SMPN Karangkancana angkatan 2005
7. Ketua Paskibra tahun 2005 - 2006.
8. Anggota Ikatan Remaja Masjid Sekolah ( IRMAS 2006 ).
9. Qiroah pada perayaan hari keagamaan.
10. Anggota Group Nasyid Kecamatan Karangkancana.
11. Anggota Pramuka.
12. Anggota pasukan 17 pada saat pengibaran Bendera 17 Agustus.

Waktu terus berjalan.. Ketika gw akan melanjutkan sekolah gw dari SMP ke SMA ada dilema yang datang didiri gw. Sebelum pengumuman pelulusan SMP, gw udah menyiapkan target SMA mana yang akan gw ambil. Dan akhirnya setelah gw berusaha kesana - kemari gak ada yang dapet satu SMA pun yang gw minati karena kesalahan informasi.. Akhirnya gw jatuh pada SMAN Luragung.. Dengan bantuan seseorang, yang merupakan penjaga sekolah sebuah SMP akhirnya gw bisa masuk dengan susah payah mencari " Bangku Kosong " agar tahun itu gw bisa langsung masuk SMA..

Selama tiga tahun ( 2007 - 2009 ) gw menuntut ilmu di SMAN Luragung. Banyak kenangan yang udah gw tinggalin disana. " Masa SMA adalah masa yang paling indah".., kata - kata itu emang gak cuma omong kosong.. Dengan susah payah gw masuk SMA, dalam hati gw berkata kalo gw harus menjadi Bintang buat ngebayar pengorbanan gw masuk SMA Luragung ini.

Akhirnya gw bisa jadi Bintang. Tentu gw masih seperti Ricki saat SD dan SMP. Prestasi akademik dan non akademik gw selalu ada. Walaupun akademik gw menurun begitu beranjak kelas 2 SMA, tapi gw udah jadi siswa nomor 1 di SMA ini. Ini prestasi gw ketika di SMA :
1. Peringkat 1 kelas 1 SMA.
2. Peringkat 5 besar kelas 2 dan kelas 3.
3. Anggota OSIS sekbid 1 angkatan 2007.
4. Anggota Remaja Masjid SMA.
5. Anggota Pecinta Alam SMA ( tapi berhenti ditengah jalan ).
6. Anggota Pramuka Bantara tahun 2007 - 2009.
7. Anggota Pramuka  Saka Bhayangkara 2008 - 2009.
8. Ketua UMUM OSIS angkatan 2008 - 2009 ( paling top ).

Ketika gw lulus SMA, dalam hati gw bertekad buat fokus sama kuliah. Perjalanan gw nyari Universitas juga cukup sulit seperti daftar ke SMA. Mungkin karena keinginan gw terlalu tinggi tanpa melihat kemampuan gw. Dari mulai jurusan Kedokteran, Teknologi informatika, Ketatanegaraan, Elektromedik, Teknik sipil, sampai STAN dan STIS udah gw ikuti tes penerimaannya. Satu pun gak ada yang lolos. Dan akhirnya jatuhlah gw di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka ( UHAMKA ). Jurusan yang gw ambil yaitu Farmasi.

Berat banget emang gw masuk di jurusan Farmasi. Gw gak suka kimia, dan gw gak tau obat - obatan. Mau gak mau gw harus belajar dari awal, dari nol. Awal tahun gw kuliah cukup memprihatinkan nilai gw. Gw berkomitmen gw gak akan ikut organisasi. Udah cukup puas pencapaian gw dalam organisasi waktu gw dimulai dari SD sampe SMA.

Dan akhirnya gw ganti organisasi menjadi pekerjaan. Gw kerja di pabrik obat yaitu Dankos Farma, salah satu industri obat cukup besar yang merupakan famili Kalbe  Farma. Gw masuk kerja ketika gw semester 2 yaitu tahun 2010 pada tanggal 1 Juni. Akhir bulan ini gw habis kontrak. Jadi selama 3 tahun gw bekerja di Dankos Farma.

Kesempatan pengangkatan karyawan tetap udah gw alami.. Baru seminggu yang lalu diumumkan kalo gw belum ada kesempatan jadi karyawan tetap di Dankos Farma. Tapi gw gak berkecil hati karena gw sudah cukup bangga dengan hasil itu. Setidaknya gw udah maju psikotes penjaringan karyawan. Itu berarti gw salah satu orang yang terbaik yang ada diantara yang lain.. Walaupun hasil tesnya tidak memuaskan dan pertimbangan absensi karena gw sering bolos kerja. Pembagian waktu antara kerja dan kuliah adalah hal utama yang menjadi kendala gw.

Nah, sekarang gw lagi nyusun skripsi. Tanggal 8 Juni 2013 nanti rencana gw maju seminar Proposal. Penelitian skripsi gw targetin sampe lebaran idul Fitri gw bisa sidang. Tanggal 1 Juni ini gw udah gak  kerja lagi. Gw bersyukur mudah - mudahan gw bisa fokus sama kuliah dan skripsi gw.

Harapan gw dan perjalanan akademik gw belum selesai sampe sini. Rencana selanjutnya gw setelah lulus Sarjana, gw mau langsung ngambil studi Apoteker. Doain ya sob.. Mudah - mudahan skripsi gw lancar tahun ini,, Ammiiinn..

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment